oleh

Pagelaran Lagu Daerah Yang Diselenggarakan Kami Saruma Akan Diramaikan 21 Etnis di Halsel

HALSEL, CN – Komunitas Anak Seni Musisi Saruma (KAMI SARUMA) sebuah komunitas yang di Prakarsai oleh Rifa’at Al Sa’adah.S.Sos.M.I.Kom sebagai Dewan Pembina, dalam waktu dekat akan menyelenggarakan kegiatan Pagelaran Lagu Daerah.

Sebuah Even besar yang di Sponsori Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) l, Provinsi Maluku Utara (Malut) ini, diselenggarakan dalam rangka menyongsong Festival Marabose Tahun 2024.

Kegiatan itu juga di gadang-gadang menjadi Pra Event Festival Marabose Tahun 2024.

Ketua Kami Saruma, Alkani Ruslan dalam keterangannya mengatakan, pagelaran Lagu Daerah 2024 yang digelar pihaknya itu, bertujuan memperkenalkan Lagu-lagu Daerah dari 21 Etnis, Suku dan Paguyuban yang berada di Halsel.

“Peserta akan membawakan Masing masing satu lagu daerahnya, dengan menggunakan Pakai Adatnya, ” terang Alkani Ruslan, Selasa (30/4).

Dalam kegiatan nantinya, kata Ketua Kami Saruma, peserta diberikan kebebasan untuk jumlah dan umur penyanyi, Bisa Solo, Duo ataupun Group dengan jumlah Maksimal sebanyak 20 Orang peserta dengan ciri khas alat musiknya masing-masing.

Diharapkan, tuturnya lagi, dengan adanya event ini dapat memberikan edukasi kepada generasi muda tentang adanya Lagu-lagu daerah.

“Beberapa harapan kami menyelenggarakan event ini, yaitu Lagu Daerah dapat lebih dikenal oleh kalangan masyarakat terutama Generasi Muda, dengan begitu mereka dapat melestarikannya,
mengembangkan lagu daerah di zaman modern ini agar tidak redup dimakan zaman,” harapnya.

Adapun waktu penyelenggaraanya tambah, Alkani, 1 Minggu sebelum Acara puncak Festival Marabose 2024 di Venue Utama.

“Dan untuk Dinas Pariwisata dan Kebudayan KAMI SARUMA mengucapakan terimakasih telah mendukung dan mensuport event ini. Sehingga dapat diselenggarakan,” ucapnya.

Sementara itu, Dewan Pembina Kami Saruma, Rifa’at Al Sa’adah.S.Sos.M.I.Kom merasa bangga dan bersyukur dapat menjadi pembina forum musik dalam kegiatan pagelaran festival lagu daerah.

Menurutnya, musik merupakan bahasa universal yang dapat menyatukan berbagai elemen masyarakat. Sehingga sangat penting untuk terus memperkaya dan melestarikannya.

“Saya atas nama PKK kabupaten Halmahera Selatan sekaligus Dewan Pembina Kami Saruma merasa bangga dan bersyukur dapat menjadi pembina untuk forum musik dalam kegiatan pagelaran festival lagu daerah ini,” cetus Ketua TP-PKK Halsel.F,

Festival lagu daerah ini, merupakan bentuk apresiasi bagi para musisi lokal yang telah berkontribusi dalam melestarikan budaya Daerah melalui musik.

“Dengan adanya forum musik, kita dapat menjalin kerjasama antar musisi untuk saling mendukung dan mengembangkan potensi musik daerah kita,” ujarnya.

Dirinya berharap, festival lagu daerah ini akan menjadi ajang yang inspiratif bagi generasi muda untuk terus mencintai dan melestarikan budaya daerah melalui musik.

“Mari bersama-sama kita dukung acara ini agar dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta dalam menyelenggarakan festival lagu daerah ini. Mari kita jaga kebersamaan dan semangat kebersamaan kita untuk terus menghidupkan musik daerah kita,” pintanya mengakhiri. (Hardin CN)

banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250

Komentar