oleh

Evaluasi Kinerja Penyuluh KB, Kepala DP3AKB Halsel: Untuk Efektifnya Capaian Program

HALSEL, CN –  Memastikan dan optimalisasi untuk pelaksanaan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan (Bangga Kencana) melalui Peran Penyuluh Keluarga Berencana (PKB). Kini, DP3AKB Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Maluku Utara (Malut) kembali menggelar evaluasi kinerja 20 penanggung jawab ke Balai Penyuluhan KB di 30 Kecamatan wilayah kerja.

Evaluasi kinerja ke 20 tersebut berlangsung di Gedung Canga Matau Taman Budaya Kebun Karet Halsel dihadiri sejumlah jajaran DP3AKB Halsel.

Dalam acara evaluasi tersebut, Kadis Dp3AKB Halsel Apt Karima Nasaruddin, S.Si.M.Kes menyampaikan, Evaluasi program merupakan bagian terpenting dari pelaksanaan program setelah perencanaan, pelaksanaan dan monitoring sebuah program atau kegiatan.

“Karena dengan adanya evaluasi kita dapat mengetahui capaian program, inovasi PKB dan kendala di lapangan sehingga segera mungkin mengambil solusi cepat dan tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang menjadi hambatan di lapangan,” tegas Karima Nasaruddin, S.Si.M.Kes kepada media, Rabu (30/12/2022).

Karima juga menegaskan, program PKB beserta jajarannya mempunyai tanggungjawab besar sebagai ujung tombak keberhasilan program “Bangga Kencana”, namun BKKBN tidak bisa bekerja sendiri. Sehingga harus ditingkatkan koordinasi dan komunikasi serta laksanakan amanah dengan Sebaik-baiknya bersama lintas sektor sebagai mitra kerja.

“Untuk memaksimalkan dan optimalkan pelaksanaan kegiatan harus butuh koordinasi dan kerjasama, sehingga tugas di lapangan Benar-benar bersinergi dan terintegrasi untuk efektifnya capaian program,” tandasnya.

Jelas Karima, evaluasi program Bangga Kencana kepada PKB baru pertama dilaksanakan DP3AKB di Halsel.

“Inti dari kegiatan evaluasi ini adalah  pemaparan progres program atau kegiatan oleh PKB sesuai kondisi wilayahnya,” cetus Kadis.

Berikut hasil evaluasi yang dapat menghasilkan beberapa rencana tindak lanjut untuk PKB ke depan terhadap program “BANGGA KENCANA” diantaranya:

1. Keseriusan dalam penanganan stunting di setiap wilayah kerja dan mengoptimalkan fungsi TPK (tim pendamping keluarga) dan edukasi 1000 HPK (hari pertama kehidupan) kepada masyarakat.

2. Optimalisasi kampung KB (Keluarga berkualitas) di 81 kampung KB di wilayah kerja masing- masing “BERSINERGi”dengan  Pemerintah Desa dan Universitas

3.Ciptakan inovasi untuk keberhasilan pengembangan program Bangga Kencana

4. Rutinitas penyampaian laporan analisis situasi lapangan ke DP3AKB dan utamakan pengimputan ke sistem “NEW SIGA” sehingga DATA selalu ter Update dan dapat dipertanggung jawabkan.

5. Tingkatkan fungsi Balai Penyuluhan KB sebagai sarana perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi program “BANGGA KENCANA” di wilayah kerja tingkat kecamatan sampai ke Desa sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

6. Penguatan kapasitas SDM PKB melalui pelatihan dll

7. PKB yg tidak disiplin akan mendapatkan Punishman & yang berprestasi akan diberi  PENGHARGAAN.

Karima berharap, ke depan komitmen   Rencana Tindak Lanjut yang tertuang dalam Rekomendasi tidak hanya di atas kertas, tetapi harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggungjawab untuk masyarakat di Halsel.  (Hardin CN)

banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250

Komentar