oleh

Gubernur Malut, Buka Poprov Ke III Di Halsel

Labuha, CN – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Ke III Tahun 2019 Provinsi Maluku Utara (Malut) yang dilaksanakan di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), resmi dilaksanakan pada Sabtu (15/12/209) dengan 10 Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingkan selama sepekan.

Porprov ke III Tahun 2019, yang berlangsung di Gelanggang Olahraga (GOR) Gelora Bahrain Kasuba (GBK) di Desa Tuwokona Bacan Selatan, berlangsung meriah dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Malut, KH. Abdul Gani Kasuba.

Acara pembukaan yang diawali dengan Atraksi Kolosal yang dipersembahkan oleh Sanggar Saruma Pemerintah Kabupaten Halsel, dibawah pimpinan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Halsel, Hj. Nurlela Muhammad, yang berjumlah 300 penari, dengan mengkolaborasi 4 tarian adat, yakni Cakalele, Togal, Soya-Soya dan Lalayon.

Dilanjutkan dengan parade (devile) dari para atlet, Kontingen dari 9 Kabupaten dan Kontingen para Juri serta Wasit yang memasuki Stadion GBK diiringi oleh Marching Band Pemda Halsel.

Turut hadir, Bupati Halsel, H. Bahrain Kasuba bersawa Istri Hj. Nurlela Muhammad, Wakil Bupati Halsel, Iswan Hasjim bersama Istri Yeni Amelia, Perwakilan
Bupati/Walikota Maluku Utara, Forkpimda Provinsi Maluku Utara dan Halmahera Selatan, Pimpinan SKPD Provinsi Malut dan Kabupaten Halsel, Ketua Umum KONI Provinsi dan Kabupaten serta anggota para atlet dari 9 Kabupaten/Kota dan disaksikan ratusan masyarakat Halsel.

Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para atlet dan official yang telah ikut serta alam Porprov ini.

“Saya berharap para atlet dapat bertanding dengan sportif dan menjadi kebanggaan Maluku Utara”, harap Gubernur Maluku Utara.

Gubernur juga mengingatkan kepada para atlit dan Official bahwa iven ini sangat bergengsi untuk menguji kekuatan dan kemampuan. “Disinilah kalian harus berjuang secara sungguh-sungguh merebut tiket PON pada tahun 2020,” singkat KH. Abdul Gani

Bupati Halsel, Hi. Bahrain Kasuba, diawal sambutannya menyampaikan selamat datang kepada atlit, official, wasit dan dewan juri di Kabupaten Halsel.

Sebagai tuan rumah, kata Bahrain, Pemerintah Kabupaten Halsel, akan selalu siap memberikan pelayanan yang terbaik, dengan menyediakan berbagai fasilitas olahraga, meskipun saat ini masih terdapat kekurangan, karena masih dalam tahap pembangunan.

“Kami juga ucapkan selamat datang kepada para atlet yang akan bertanding dan official serta para wasit dan dewan juri dibumi Saruma, saya telah berkomitmen untuk memajukan dunia olahraga di Kabupaten Halsel dan Provinsi Malut pada umumnya,” kata Bahrain

Bupati mengatakan bahwa menjadi tuan rumah Porprov Maluku Utara III merupakan suatu kehormatan bagi Halsel.

“Suatu kehormatan bagi kami, untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para atlet dan offcial dari 9 Kabupaten di Malut”, terangnya.

Lanjutnya, ajang Porprov ini juga menjadi sebuah momentum yang sangat strategis bagi Halsel untuk mempromosikan daerah ini sebagai daerah yang memiliki potensi perikanan, pariwisata, pertambangan dan pertanian.

“Pada kesempatan ini pula kami akan memperkenalkan keragaman budaya Halsel melalui Festival Pesona Negeri Saruma yang akan berlangsung di sela-sela kegiatan Porprov”, lanjutnya.

Sebelum menutup sambutannya Keponakan dari Gubernur Maluku Utara ini mengajak kepada seluruh tamu undangan dari luar Halsel untuk tidak hanya berkonsentrasi pada lomba, tapi juga ikut mengeksplorasi berbagai wisata alam dan kuliner khas di Halsel.

Sementara Ketua KONI Provinsi Malut, Hi. Jafar Umar, menyampaikan apresiasi kepada Hi. Bahrain Kasuba, selaku Bupati Halsel, sebagai tuan rumah atas terselenggaranya Porprov Ke III Tahun 2019, dengan segala fasilitas yang telah dibangun.

“Semangat yang dimiliki Bupati Halsel, Hi. Bahrain Kasuba, untuk memajukan dunia olahraga sangat nyata, buktinya dibawah kepemimpinan Bahrain Kasuba, fasilitas olahraga dengan skala nasional mulai dibangun, meskipun saat ini masih dalam proses membangun,” ujar Jafar

Lebih lanjut, Djafar mengajak kepada Gubernur untuk mendukung pembangunan ini, yang tentunya dapat memajukan dunia olahraga di Maluku Utara.

“Tadi saya sampaikan kepada Gubernur bahwa 5 tahun kedepan kawasan ini dapat menjadi Senayan Mininya wilayah timur”, tutupnya

Pada kesempatan itu juga, Ketua Panitia Porprov Ke III Tahun 2019, Jasman Abubakar, melaporkan bahwa Pelaksanaan Porprov Ke III Tahun 2019 Provinsi Malut, diikuti sebanyak 1.096 Atlit dan Official, berasal dari 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Malut, yang mengikuti 10 Cabor yang dipertandingkan, yakni Pencak Silat, Tinju, Atketik, Voli Ball, Bola Kaki, Karate, Balap Motor, Tenis Meja, Bulu Tangkis dan Taekwondo.

“Ivent ini terlaksana berkat kolaborasi yang baik antara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Pemerintah Provinsi Malut, Pemerintah Kabupaten Halsel, dan berbagai pihak lainnya, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, meskipun under konstruksi dalam tahap pengerjaan, tapi akan menjadi stadion kebanggan masyarakat Halsel dibawah kepemimpinan Bupati Halsel, H. Bahrain Kasuba”,jalasnya

Jasman juga melaporkan rincian atlet dan official diantaranya, Kota Ternate 210 orang, Halmahera Barat 96 orang, Halmahera Utara 93 orang, Halmahera Tengah 102 orang, Halmahera Timur 67 orang, Kepulauan Sula 18 orang, Kota Tidore 60 Orang, Kepulauan Morotai 78 orang dan Kabupaten Halmahera Selatan selaku tuan rumah 234 orang.

Dalam kesempatan itu juga, penyerahan piala bergilir kepada Bupati Halsel, Hi. Bahrain Kasuba sebagai tuan rumah Porprov ke III Tahun 2019, yang sebelumnya berada di Kabupaten Halmahera Utara, sebagai juara umum pada pelaksanaan Porprov Ke II.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir Porprov dari Ketua KONI Kabupaten Halut yang sebelumnya menjadi juara Umum pada Pelaksanaan Poprov ke II kepada Ketua Umum KONI Malut, dan selanjutnya piala bergilir diserahkan kepada Gubernur Malut untuk diserahkan kepada Bupati Halmahera Selatan selaku tuan rumah Poprov ke III. (Red)

banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250

Komentar