oleh

Ini Hasil Perkembangan COVID 19 Provinsi Maluku Utara

-DAERAH-519 views

TERNATE, CN – Berdasarkan hasil pengolahan data dan informasi Gugus, Tugas yang di peroleh Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara (Malut), Dinas Kesehatan Kabupaten/kota dan KKP kelas Tiga ternate.

Jumlah orang dengan isolasi diri sendiri 309 Orang, Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) tujuh orang, Jumlah Pasien dalam pengawasan (PDP) lima orang serta status kasus terkonfirmasi Positif (Covid-19) virus Corona berjumlah satu orang. Status positif Covid 19 tersebut merupakan pasien yang di pulangkan oleh Gugus tugas pada beberapa pekan kemarin untuk melakukan isolasi rumah, dengan berstatus ODP, namun saat hasil dari Balai Laboratorium Kesehatan Jakarta menyatakan pasien tersebut positif Corona melalui Spesimen yang di kirim Gugus Tugas Dinas Kesehatan Malut pada 18 Maret 2020.

Dr. Rosita Alkatiri, Juru Bicara Gugus Tugas Dinas Kesehatan Malut mengatakan, Jumlah orang dengan isolasi mandiri terjadi peningkatan, di karenakan adanya upaya skrening yang di lakukan oleh petugas kesehatan di Lapangan dan anjuran untuk melakukan isolasi mandiri.

Sementara untuk kasus Orang Dalam Pematauan (ODP) terjadi penambahan hal itu di temukan saat skrening di pintu masuk pelabuhan serta hasil pemeriksaan fasilitas kesehatan Senin, (23/3/2020).

Ia Menyebutkan, beberapa upaya-upaya lain yang telah di lakukan Gugus Tugas Dinas Kesehatan Malut, melakukan skrening seperti Bandara dan Pelabuhan, serta anjuran untuk isolasi mandiri bagi pendatang dari Daerah yang terinfeksi. Serta melengkapi kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas Kesehatan dalam penanganan Covid 19.

Selain itu, ia menghimbau kepada masyarakat Maluku Utara agar tetap tenang tetapi waspada.

“Dengan cara berdiam diri di rumah serta menghindari menerima dan membagi informasi tentang Covid 19 yang tidak di ketahui sumber dan kebenaranya,” ucapnya (Andre CN)

Komentar

Terbaru