oleh

Giat Cegah Stunting, Puskesmas Saketa Gandeng Babinsa Koititi Gelar Sosialisasi Kesehatan

HALSEL, CN – Giat Mencegah Stunting, Puskesmas Saketa laksanakan sosialisai kesehatan dan penbentukan kelas remaja putri dengan tema MARTASYA “Mari Atasi Anemia Pada Remaja” yang melibatkan para siswi SMA, pelaksanaan kegiatan tersebut bertempat di Kantor Desa Koititi Kecamatan Gane Barat, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel). Sabtu, (15/02/20) Pagi tadi.

Selain itu, Kegiatan pembersihan lingkungan oleh segenab pegawai Puskesmas dan Masyarakat yang di koordinir oleh Babinsa Koititi, Pelda Fahiruddin.

Sebelumnya, rangkaian kegiatan sosialisasi kesehatan dan pembersihan lingkungan, Puskesmas Saketa laksanakan Senam Germas Bersama warga dan para Siswa SMA dan SMP di Desa Koititi.

Kepada media Cerminnusantara.co.id Kepala Puskesmas (Kapus) Saketa, Salim Ali Skm Menyampaikan, secara medis, Stunting itu ketika kondisi tubuh dan otak anak tidak mengalami perkembangan secara optimal dan menyebabkan tubuh anak lebih pendek dan kemampuan berpikir yang cenderung lebih lemah dari anak lain seusianya.

“Sedangkan penyebab Stunting sangat berkaitan dengan pola hidup dan kebersihan lingkungan,” Terang Salim

Salim Ali, juga menyampaikan, di Desa Koititi terdapat 4 anak yang terkena Stunting. Hal ini di sebabkan masih banyak warga yang kurang memperhatikan Kebersihan lingkungan dan akses sanitasi sebab, hal ini dapat memicu penyakit yang nantinya menyebabkan gangguan tumbuh kembang anak.

“Koititi merupakan Desa sasaran untuk di lakukan sosialisai terhadap kesadaran lingkungan, sebab di Desa Koititi sendiri terdapat 4 anak yang terkena dampak Stunting,” Katanya

Pria Asal kayoa Guruapin ini juga berharap perlu adanya perhatian bagi kita semua.

“Terutama Pemerintah Desa dan khusunya masyarakat Desa Koititi untuk selalu memperhatikan kebersihan lingkungan,” Harapnya

Sementara itu, Babinsa Desa Koititi, Pelda Fahiruddin Menyampaikan, semua rangkaian kegiatan yang di laksanakan di Desa Koititi, dari kegiatan Senam bersama, sosialisasi kesehatan serta kerja bakti dengan warga, semua ini memberi pesan moral.

“Selain hidup sehat, hal ini juga dapat memperkuat semangat gotong royong dan silaturahim,” Ucapnya

Fahiruddin juga berharap Semoga kegiatan gotong royong dapat berlanjut dan di budidayakan di tengah-tengah masyarakat kita.

“Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut ,” Harap Fahiruddin (Hafik CN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *