oleh

Plh. Walikota Resmi Buka STQ Kota Ternate ke 30

TERNATE, CN – Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Kota Ternate ke 30 tahun 2021 secara resmi di buka oleh Plh. Walikota Ternate, DR. Jusuf Sunya ME. Pembukaan tersebut bertempat di Ternate Vellya Hotel, Senin (22/2/2021) malam.

Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Kota Ternate Tahun 2021 penyelenggaraannya lebih sederhana namun tetap khidmat.

Dengan tetap menjalankan Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19, undangan pun terbatas, karena masih dalam situasi Pandemi COVID-19 yang belum berakhir.

Adapun Tema yang diusung dalam Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tahun ini adalah ‘Spirit STQ Tingkat Kota Ternate Menyiapkan Generasi Qur’ani Yang Amanah, Kreatif, Berakhlaq Mulia, dan Berwawasan Kebangsaan’.

Plh. Walikota Ternate, Jusuf Sunya, dalam sambutannya sekaligus membuka STQ tersebut menyatakan Pelaksanaan dari STQ tahun 2021 merupakan bagian dari upaya untuk bagaimana meningkatkan rasa cinta terhadap Alqur’an.

“Tujuan utama STQ kali ini adalah bagaimana kita terus melahirkan para insania yang memiliki ketrampilan literasi membaca dalam tingkat memahami untaian teks aksara hijaiah,” ujarnya.

Jusuf mengatakan, penyelenggaraan STQ pada prinsipnya adalah bagaimana menjabarkan dan mengimplementasikan ajaran islam serta membumikan Alquran di Kota Ternate dan Maluku Utara pada umumnya.

“Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Panitia Pelaksana STQ yang selalu semangat dalam bekerja,” ucapnya.

Menurutnya, STQ adalah agenda tahunan untuk meraih tiket terbaik di provinsi maluku Utara. Ia berharap, dengan kompetisi STQ ini dapat melahirkan kori-kori terbaik dan hafiz-hafiz yang dapat mengharumkan nama kota Ternate maupun maluku Utara pada umumnya.

“Semoga pelaksanaan STQ kali ini berjalan sukses hingga pada penutupannya nanti,” harapnya.

Ketua Panitia Pelaksana STQ, Bahtiar Teng, dalam laporannya menyebut, peserta yang mendaftar dalam mengikuti kegiatan STQ kali ini berjumlah 81 orang peserta ditambah dengan Official/Pelatih sebanyak 40 orang, dengan total jumlah kafilah secara keseluruhan sebanayk 121 Orang dari 8 (delapan) Kecamatan dalam Wilayah Pemerintah Kota Ternate, dengan rincian peserta lomba sebagai berikut:

  1. Kecamatan Ternate Utara 11 peserta.
  2. Kecamatan Ternate Tengah 13 peserta.
  3. Kecamatan Ternate Selatan 12 peserta.
  4. Kecamatan Ternate Barat 11 peserta.
  5. Kecamatan Pulau Ternate 10 peserta.
  6. Kecamatan Moti 7 peserta.
  7. Kecamatan Pulau Hiri 8 peserta.
  8. Kecamatan P. Batang Dua 9 peserta.

“Adapun Cabang yang diperlombakan adalah sebagai berikut, Cabang Tilawatil Quran, terdiri dari, Golongan Kanak-Kanak Putra/Putri 16 peserta, Golongan Dewasa Putra/Putri 16 peserta. Cabang Hifdzil Quran, terdiri dari Golongan 1 Juz dan Tilawah Putera/Putri 15 orang, Golongan 5 Juz dan Tilawah Putera/Putri 13 orang, Golongan 10 Juz Putera/Putri 11 orang , Golongan 20 Juz Putera/Puteri 5 Orang, Golongan 30 Juz Putera /Puteri 4 orang,” ujarnya.

Bahtiar mengatakan, seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Kota Ternate Tahun 2021 dilaksanakan mulai hari Senin 22 Februari s/d Jum’at, 26 Februari 2021.

Ia juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mensukseskan pelaksanaan STQ Tingkat Kota Ternate Tahun 2021.

“Ucapan Terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya disampaikan kepada SMK Negeri 1 Ternate dengan Kelompok Paduan Suara “Mars STQ/MTQ, Pemerintah Kota Ternate dan jajarannya, serta semua pihak yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan pelaksanaan STQ,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Plh. Walikota Ternate, Jusuf Sunya, Unsur FORKOPIMNDA Kota Ternate, Para Pejabat Struktural di Lingkup Pemerintah Daerah Kota Ternate, Ketua dan Seluruh Anggota Dewan Hakim STQ tingkat Kota Ternate, Para Ketua Kafilah/ Official/Pelatih dan seluruh Peserta Lomba. (Ridal CN)

banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250 banner 650250

Terbaru